Selasa, 11 November 2008

Keajaiban Pulau Lombok

Jika anda mendengar Pulau Lombok, pasti sangat asing ditelinga anda. Pulau Lombok memang kalah pamor di bandingkan Pulau Bali. Sebenarnya Pulau Lombok mempunyai begitu banyak keajaiban. Pulau Lombok, merupakan salah satu surga yang ada di muka bumi. Jadi sangat layak anda mengunjungi tempat ini.

Ada beberapa tempat yang layak anda kunjungi jika anda berkunjung ke Pulau Lombok :




  • Mataram


  • Mataram adalah Ibu Kota dari Provinsi Nusa tenggara Barat (NTB). Mataram manjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan , dan kota cakranegara. Dulunya kota ampenan digunakan sebagai pelabuhan lama. Sehingga masih terdapat berbagi bangunan - bangunan tua, yang memang sengaja dipelihara dan tidak dipugar oleh pemerintah, agar orang dapat mengetahui dulunya di sana terdapat peninggalan Belanda. Mataram sendiri, merupakan pusat pemerintahan. Disini kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Di berbagai daerah sering kita melihat rumah makan Taliwang, yang ternyata Taliwang adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini. Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu…ehhm…sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa di Cilinaya Shopping Centre.






  • Pantai Senggigi


Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yang ramai dikunjung oleh para wisatawan. Pantai yang terletak di Lombok Barat ini berjarak sekitar 15Km dari kota mataram. Pantai dengan pasir hitam dan lautan yang begitu bersih. Dengan di dukung air pantai yang sangat biru. Sangat cocok untuk mandi bersama keluarga, berjemur di pinggir pantai, snorkling dan surfing. Di pinggir pesisir terdapat berbagai penjual makanan khas lombok juga. Yaitu Sate Bulayak.



  • Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan

Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kahyangan di utara Lombok, dikelilingi taman laut. Disini banyak orang diving maupun surfing. Di pulau ini sudah banyak hotel dan losmen, sehingga bisa menginap disini, pantainya masih asli. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kapal motor.

3 komentar:

hakim mengatakan...

wadduh....jd pengen ksn.... beautiful banget...... congrat ye punya blog.....

nanda_civiet mengatakan...

Lombok memang the best bag daaaah . . ! ga da dua nya lombok tu . . .
aku bangga jdi orang lombok . . . nanda . . .

xevan's blog mengatakan...

Lombok kyk lebih asyik dari bali y alam nya......
Bozz kalo bisa di lengkapi dgn harga" yang ada di lombok, jd kalo ada yg berminat jalan" k lombok ada info nya....
BTW thx bgt Lombok great.....